February 11, 2016

ILMU KASEPUHAN


Untaian Pujangga Linuwih Pendekar Tanah Jawa
“Allahumma inni a’udzu bika min syarri sam’i wa bashori wa lisaani wa qalbi wa syarri munayya.”

“AJA BLERENG MARANG BANDA”
Artinya : Jangan silau atau cepat mengagumi kekayaan seseorang.

Makna yang tersirat didalamnya:
“Memberikan petuah/saran/nasehat/anjuran kepada seseorang agara kita senantiasa menghargai kewajaran.”


Nasehat yang dapat dipetik:
“Janganlah kita sampai berlebihan dalam menghormati seseorang, karena orang tersebut memiliki harta benda/harta kekayaan yang melimpah ruah.”

Untaian makna:
“Keadaan dunia itu tidak abadi, oleh sebab itu jangan mengagung-agungkan kekayaan dan derajatmu, sebab apabila sewaktu-waktu terjadi perubahan situasi dan kondisi akan menderita sebuah aib.”

“AJA DAK MENANG”
Artinya : Janganlah berbuat sewenang-wenang.

Makna yang tersirat:
“Memberikan nasehat agar kita jangan berbuat sewenang-wenang kepada orang lain untuk memaksakan kehendak kita.”

Nasehat yang dapat dipetik:
“Hendaknya kita jangan merasa menang/kuat sehingga berbuat kejam kepada orang lain.  Jangan mentang-mentang kuat kemudian menjajah yang lemah.  Jangan mentang-mentang sedang berkuasa kemudian mengeluarkan aji mumpung untuk memeras dan menindas rakyatnya.”

Untaian makna:
-Barang siapa ingin menang sendiri, itu akan celaka.
-Barang siapa senang membuat sengsara orang lain, akhirnya ia akan mendapat pembalasan dari perbuatannya sendiri.
-Orang yang hanya melampiaskan hawa nafsu itu, berarti hanya mementingkan hawa nafsunya, sedangkan hatinya tidak akan merasa tenang, tenteram dan bahagia, karena selalu ingat akan perbuatannya yang tidak terpuji.
-Racun kelabang itu berada dikepala.  Racun kalajengking hanya di pucuk ekor.  Racun ular hanya ada pada ular yang berbisa.  Sedangkan penjahat/perampok racunnya terletak pada seluruh tubuhnya.

“AJA DEMEN MARANG LULANG MACAN”
Artinya : Jangan senang mengandalkan kekuasaan penguasa.

Makna yang tersirat:
-Memberikan petuah/nasehat agar kita jangan mengandalkan wewenang penguasa untuk kepentingan pribadi/golongannya sendiri, sehingga mengorbankan orang lain.
-Disini orang yang menduduki kursi pemerintahan (memangku jabatan penguasa) diibaratkan sebagai macan (harimau), yaitu rajanya hutan yang ditakuti oleh setiap orang.

Untaian Makna:
-Perbuatan baik dan buruk itu selalu menyertaimu hingga kamu masuk ke liang lahat.  Oleh sebab itu selagi masih hidup, kerjakan perbuatan yang terpuji lagi mulia, agar menjadi orang beramal sholeh dan memperoleh al Jannah (surga).
-Orang yang tidak tahu sopan santun, tutur kata dan selalu melanggar tata krama, sama dengan tidak dapat merasakan enam nama cita rasa (manis, pahit, masam, asin, sepet dan pedas).
-Orang yang tidak mau berusaha mencari kebaikan itu laksana syaitan.
-Ada syaitan mempunyai merek Dhemit dan banaspati.  Orang yang selalu dibujuk rayu oleh dhemit dan banaspati, tindakannya selalu membuat keonaran dan membuat sakit hati orang lain.

“AJA DHEMEN THENGUK THENGUK NEMU KETHUK”
Artinya : Jangan suka duduk berpangku tangan untuk memperoleh hasil (rezeki) yang melimpah ruah.

Makna yang tersirat:
-Hendaknya kita giat bekerja membanting tulang untuk hidup di era reformasi guna menghadapi era pasar bebas dan era tinggal landas.  Jangan hanya melamun dan bermalas-malasan saja.  Jangan mengharapkan hujan uang dari langit.  Kita tidak dapat kaya mendadak tanpa mau bekerja.  Jangan seperti Aladin dengan lampu wasiatnya atau Nyi Blorong dengan segala kekayaannya.
-Semua pekerjaan baik yang mudah maupun yang sukar harus kita lalui dengan penuh ketabahan, tawakal dan sabar.  Baik pekerjaan itu halus maupun kasar.  Sebab pada hakekatnya semua pekerjaan adalah baik asalkan halal.

Untaian makna:
-Orang hidup harus mencari nafkah, sebab nafkah ada kalau bekerja.  Rajin bekerja insyaallah akan membuat keluarga bahagia dan sejahtera.
-Kalau bekerja usahakan semaksimal mungkin agar baik jadinya.

-Harta yang bersih itu adalah harta yang asalnya dari bekerja keras, dan hasil jerih payah sendiri yang diperoleh tidak dengan merugikan orang lain.  Adapun harta yang tidak bersih adalah harta curian atau harta temuan milik orang lain yang hilang.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.