February 11, 2016

BULAN YANG BAIK UNTUK MENDIRIKAN RUMAH


Dalam kehidupan masyarakat Jawa segala sesuatunya selalu dikaitkan dengan hari baik dan bulan baik.  Misalnya, untuk melaksanakan pernikahan, dicari hari baik dan bulan baik, untuk pindah rumah, untuk mendirikan rumah, untuk memulai suatu pekerjaan, dan sebagainya.  Perhitungan hari baik dan bulan baik ini sudah demikian berurat berakarnya dalam kehidupan masyarakat, sehingga belum afdhol kalau tidak memperhitungkan hari baik dan bulan baik lebih dahulu. 
Begitulah halnya dalam mendirikan rumah, orang harus memperhitungkan hari baik dan bulan baik tadi.  Yang menjadi pedoman dalam menentukan mana bulan yang baik dan mana bulan yang kurang baik untuk memulai pendirian rumah, baik rumah yang besar maupun rumah yang kecil, adalah dengan memakai bulan arab yaitu sebagai berikut:

BULAN MUHARAM
Jika seseorang memulai mendirikan rumahnya pada bulan Muharram, maka besar kemungkinan rumah tersebut akan mengalami kebakaran, penghuninya akan mengalami kesedihan, dan tidak betah tinggal berlama-lama disitu.  Bawaanya ingin buru-buru pindah saja.
BULAN SAFAR
Rumah yang dimulai pendiriannya pada bulan Safar, biasanya akan membawa pengaruh baik terhadap penghuninya, banyak yang membantu (banyak keluarganya) serta akrab.
BULAN RABIUL AWAL
Rumah yang mulai didirikan pada bulan Rabiul Awal biasanya menimbulkan dampak yang kurang baik terhadap penghuninya, dimana para penghuni rumah itu akhirnya akan sering sakit-sakitan, kurus, dan cepat mati (baik suami atau istri).
BULAN RABIUL AKHIR
Mendirikan rumah pada bulan ini akan membuahkan hasil yang baik, selamat dan sejahtera kepada penghuninya.
BULAN JUMADIL AWAL
Rumah yang dimulai pendiriannya pada bulan ini hasilnya sangat baik, penghuninya akan mengalami perkembangan dalam akal pikirannya.
BULAN JUMADIL AKHIR
Bulan ini baik untuk memulai mendirikan rumah, dimana penghuninya akan banyak disukai sanak famili dan teman-teman.
BULAN RAJAB
Kurang baik untuk memulai mendirikan rumah.
BULAN SYA’BAN
Rumah yang mulai didirikan pada bulan ini akan memberikan hasil yang sangat baik kepada penghuninya, banyak rejeki, cita-cita tercapai dan disegani oleh para tetangga.
BULAN RAMADHAN
Bulan ini sangat baik sekali buat memulai mendirikan rumah, dimana penghuninya kelak akan mendapat rejeki berlimpah, sehingga dapat menjadi kaya raya.
BULAN SYAWAL
Mendirikan rumah pada bulan ini kurang baik, bisa menyebabkan penghuninya kelak tidak kerasan tinggal disana, hingga akhirnya pindah ke tempat lain.
BULAN DZULQO’DAH
Baik untuk memulai mendirikan rumah, banyak rejeki halal dan disukai banyak orang.
BULAN DZULHIJJAH
Rumah yang mulai didirikan pada bulan ini hasilnya baik, cita-cita penghuninya akan tercapai, peliharaan hewan ternaknya akan berkembang dengan baik.

Itulah rangkuman bulan baik dan kurang baik untuk mendirikan rumah.  Kepada semua pembaca, penulis berpesan bahwa benar tidaknya ramalan atau prediksi diatas kita serahkan kepada Allah semata.  Perlu diketahui bahwa rangkuman diatas berdasarkan pada kitab kuno kejawen.  Percaya atau tidak penulis serahkan kepada pribadi masing-masing pembaca.  Cukup sekian, semoga ada manfaatnya.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.