30 Oktober 2019

RAHASIA MENCAPAI UMUR PANJANG


Anda ingin panjang umur? Rileks dan bersantailah dalam hidup. Demikian nasehat seorang guru bersar Inggris, ahli penyakit jantung. Sebnarnya banyak orang menjadi cepat tua sebelum waktunya karena terlalu banyak pikiran. Oleh karena itu jangan terlalu banyak membiarkan ditekan oleh beban kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukanuntuk mencapai umur yang panjang.

1. Berolahraga, misalnya dengan berjalan kaki, naik tangga sekalipun tersedia lift. Olahraga berfungsi memperkuat tubuh, membuat bagian-bagian tubuh berfungsi secara maksimal, memperbaiki peredaran darah, memperkuat jantung, dan mencegah penyempitan pembuluh nadi, menghilangkan kemalasan, kegemukan dan kelambanan.
2. Mempertahankan berat badan.
3. Mengurangi makanan yang mengandung lemak, mentega dan minyak.
4. Berekreasi di daerah yang tenang dan berhawa sejuk.
5. Hilangkan stres, tekanan hidup, frustasi, dan kekecewaan, karena hal ini akan menyebabkan bermacam-macam penyakit termasuk penyakit jantung. Ingat, tekanan pekerjaan yang berat juga dapat memperpendek umur.
6. Makan dengan teratur. Untuk banyaknya, sebaiknya sarapan pagi 30%, makan siang 40%, makan malam 30%.
7. Periksakan diri ke laboratorium untuk melihat kesehatan anda, supaya cepat diketahui apabila ada penyakit yang kronis, atau infeksi sehingga segera dapat diobati.
8. Untuk melakukan hubungan seksual, dianjurkan cukup seminggu sekali bagi yang sudah menikah.
9. Senangilah apapun yang anda lakukan, misalnya bekerja, belajar dan lain-lain.

Sumber: R.M. Edhi Sutardjo dalam bukunya "Pengobatan Tradisional"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.