12 Juli 2019

HISTORI IJAZAH SILAT KAROMAH ABDUL JABAR KEDUA


Silat adalah sebuah ilmu beladiri warisan dari para leluhur di Nusantara. Silat merupakan gerakan-gerakan jurus yang digunakan untuk menyerang, mengunci, maupun menangkis lawan. Di Nusantara sendiri terdapat banyak sekali aliran silat seperti Cimande, Silat Harimau, Silat Beksi dan lain-lain. Namun secara garis besar aliran silat di Nusantara dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

1. SILAT NYATA 
Yaitu silat yang dilakukan dengan tehnik latihan fisik tertentu sehingga terbentuk suatu pola jurus. Silat ini yang sering digunakan dalam pertandingan-pertandingan gelanggang silat. Siswa biasanya menghafal jurus-jurus yang diberikan oleh gurunya secara tahap demi tahap. Setelah hafal barulah jurus-jurusnya dapat digunakan atau diaplikasikan pada pertandingan. Aliran silat ini sudah banyak menyebar di Indonesia dan diajarkan secara sistematis di berbagai perguruan. Pelatihanya secara terbuka dan dapat diikuti oleh siapa saja dari berbagai kalangan. Bahkan aliran ini sudah menjadi materi baku di pelajaran Penjaskes di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi.

2. SILAT MISTIK
Yaitu silat yang cara mendapatkannya melalui ritual-ritual mistik. Tehnik latihannya berbeda dengan silat nyata. Tehnik latihan silat ini menggunakan sarana alam bawah sadar manusia yang dikendalikan oleh khodam atau energi yang didapat melalui ritual gaib. Siswa tidak usah menghafal jurus-jurusnya karena nanti akan muncul dengan sendirinya. Silat ini sangat jarang digunakan di gelanggang pertandingan silat karena memang sangat sulit mengaplikasikannya. Tetapi silat ini bisa dipertontonkan jurus-jurusnya. Jurusnya terkadang terlihat aneh dan tidak biasa seperti silat pada umumnya. Aliran ini diajarkan secara sembunyi-sembunyi, tidak diajarkan secara umum seperti di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi. Hanya kalangan tertentu saja yang dapat mengikutinya. Mereka yang menekuni aliran ini biasanya yang memang berkecimpung dalam hal-hal olah kebatinan. Orang-orang sering menyebut aliran ini dengan silat karomah, silat gaib, silat setrum, silat mistik dan lain-lain.

SILAT KAROMAH ABDUL JABAR
Silat ini masuk dalam kategori aliran silat yang kedua. Siswa yang mempelajarinya diharuskan menghafal beberapa asma' yang nantinya digunakan ritual untuk mengeluarkan jurus-jurus gaib. Sejarah penulis mendapatkan ilmu silat ini sudah dimuat dalam blog ini, silahkan pembaca cari dikolom yang telah tersedia. Setelah dahulu penulis mendapatkan ijazah ilmu ini dan telah diuji coba, maka penulis mendapatkan ijazah yang sama untuk kedua kalinya tetapi dengan guru yang berbeda. 

Ijazah ini tanpa terduga sebelumnya karena memang tidak ada niat sama sekali. Waktu itu penulis sedang aktif melakukan sebuah kegiatan ke-Banseran di suatu pondok pesantren. Akhirnya di waktu yang sama semua anggota Banser mendapatkan ijazah ini termasuk juga penulis. Awalnya kaget juga, karena ijazahnya sama persis dengan yang penulis dapatkan dahulu. Asumsinya bahwa memang ilmu ini mungkin sudah menyebar ke banyak Kyai di Nusantara. Wallahu alam bis showab. Mungkin memang sudah takdir bahwa penulis berjodoh dengan ilmu ini. Bagi yang ingin mempelajarinya silahkan bisa datang langsung ke tempat penulis, sambil nyantai ngopi bareng. Karena sesungguhnya penulis juga masih belajar dan akan terus belajar sampai akhir hayat. Sebelumnya jangan lupa WA terlebih dahulu di nomor yang sudah tertera di pojok kanan atas. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.