16 Januari 2017

10 NASEHAT RAHASIA KEHIDUPAN


Sahabat PHNA yang berbahagia.  Hidup didunia hanyalah sementara saja, maka marilah kita berlomba-lomba untuk mencari jalan hidup sejati sebagai bekal petunjuk jalan menuju kehidupan yang selanjutnya.  Marilah kita renungkan nasehat dari guru kita beliau As Syech Nawawi Al Bantani dalam kitabnya Nashaihul Ibad sebagai berikut:



Sebagian ulama ahli hikmah berkata, “Aku mencari 10 hal di 10 tempat tetapi aku mendapatkannya pada 10 tempat yang tidak aku maksud, antara lain:
1. Aku mencari ketinggian derajat di dalam kesombongan, tetapi aku menemukannya di dalam tawadhu’.
2. Aku mencari ibadah di dalam shalat, tetapi aku menemukannya di dalam wara’.
3. Aku mencari kesenangan didalam menumpuk-numpuk harta tetapi aku menemukannya di dalam hidup sederhana.
4. Aku mencari pelita hati di dalam salat di siang hari tetapi aku menemukannya dalam salat di malam hari.
5. Aku mencari pelita di hari kiamat di dalam kedermawanan dan kesetiakawanan tapi aku menemukannya di dalam kehausan pada waktu berpuasa.
6. Aku mencari kemudahan melintasi shirath di dalam kurban tapi aku menemukannya di dalam sedekah.
7. Aku mencari keselamatan dari siksa neraka di dalam hal yang diperbolehkan tapi aku mendapatkannya di dalam meninggalkan syahwat.
8. Aku mencari kecintaan terhadap Allah ta’ala di dalam keduniawian tapi akau menemukannya di dalam berzikir kepada Allah.
9. Aku mencari kesehatan di dalam berbagai macam kegiatan sosial kemasyarakatan tapi aku menemukannya di dalam uzlah.
10. Aku mencari pelita hati dalam berbagai macam nasehat dan bacaan Al Qur’an tapi aku menemukannya di dalam bertafakur dan menangis di hadapan Allah sambil berdoa.”


Tentang keutamaan salat tahajud Nabi bersabda:
“Sedekat-dekat Tuhan dari hambaNya adalah pada tengah malam yang terahir, apabila kamu mampu menjadi orang yang suka berzikir kepada Allah pada saat itu, jadilah…!” (HR. Turmudzi, Nasa’i, Hakim)

“Salat sunnat dua rekaat yang dikerjakan oleh anak adam di tengah malam yang akhir lebih baik baginya dari pada dunia dan seisinya, apabila tidak menjadikan mudharat kepada umatku, pasti akan kuwajibkan salat tahajud itu kepada mereka.” (HR. Ibnu Nashr)

Tentang keutamaan Puasa Nabi bersabda:
“Sesungguhnya di dalam surga itu ada sebuah pintu, yang dinamakan Ar Royan (pintu kesegaran).  Orang yang akan masuk surga di hari kiamat tidak akan masuk lewat pintu itu selain orang yang suka puasa.  Ketika itu dikatakan, “Dimanakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka berdiri, tak ada seorang pun yang bisa masuk dari pintu itu selain mereka.  Apabila mereka sudah masuk maka pintu itu dikunci.  Maka tak ada seorangpun yang dapat masuk dari pintu itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Tak ada seorang hamba yang berpuasa di jalan Allah (dengan Ikhlas) kecuali Allah menjauhkan dia dari api neraka sejauh tujuh puluh parit (tujuh puluh tahun kecepatan cahaya)” (HR. Bukhari, Muslim)
Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.