9 Februari 2019

PERISTIWA BERSEJARAH 1 JANUARI

  1. 45 SM : Kalender Julian pertama kali berlaku.
  2. 404 : Pertandingan gladiator yang terakhir diselenggarakan di Roma.
  3. 630 : Nabi Besar Muhammad SAW berhasil menakukkan kota Mekkah. Penaklukan itu dilakukan secara damai, tanpa sedikitpun ada kekerasan dan pertumpahan darah.
  4. 1801 : Asteroid pertama kali ditemukan manusia. Penemunya, Guiseppe Piazzi menamai benda langit itu Ceres.
  5. 1880 : Arsitek Perancis, Ferdinand de Lesseps memulai konstruksi pertama pembangunan Terusan Panama
  6. 1912 : Setelah ribuan tahun bertahan dengan sistem kerajaan, akhirnya Republik Cina terbentuk dengan presiden pertama Dr. Sun Yat Sen
  7. 1916 : Untuk pertama kalinya, darah yang telah disimpan dan didinginkan digunakan untuk transfusi darah. Transfusi yang berlangsung sukses ini dilakukan oleh The Royal Army Medical Corps (R.A.M.C), yang telah melakukan percobaan sejak tahun 1913. Dengan adanya transfusi ini, akan memudahkan dan mempercepat proses pengobatan.
  8. 1959 : Lewat sebuah kudeta disertai kerusuhan massal, Fidel Castro berhasil mengambil alih pucuk pimpinan Kuba. Presiden Kuba sebelumnya Fulgencio Batista terguling dan mengasingkan diri ke Republik Dominika.
  9. 1984 : Brunei menjadi negara merdeka penuh.
  10. 1993 : Cekoslowakia pecah menjadi dua negara, Ceko dan Slovakia.
  11. 1995 : World Trade Ogranization (WTO) terbentuk
  12. 1999 : Mata uang Euro diperkenalkan pertama kali sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh Eropa
  13. 2000 : Milennium Bug terjadi. Sebuah masalah serius yang dipercaya akan merusak seluruh sistem komputerisasai dunia yang ternyata hanya isapan jempol belaka.

1912: Kim Philby
Nama aslinya Harold Adrian Russell Philby, lahir di Ambala, India tepat pada tanggal ini. Kim Philby adalah seorang warga negara Inggris yang juga sekaligus bekerja sebagai mata-mata Uni Sovyet (agen ganda). Bersama kelompoknya yang disebut Cambridge Spy Ring beranggotakan Guy Burgess, Donnald Maclean dan Anthony Blunt, ia membuktikan diri sebagai salah seorang agen rahasia yang paling merusak dalam sejarah spionase modern. Pada tahun 1963 di tengah kecurigaan pihak Inggris kepadanya, Kim Philby mengambil keputusan membelot ke pihak Uni Sovyet. Ia melarikan diri ke Moskow dan menjadi warga negara tirai besi itu. Dinas rahasia Sovyet KGB lalu merekrutnya dan diberikan posisi penting. Di tahun 1968, Philby menerbitkan buku berjudul My Silent War yang memuat seluruh kegiatan spionase yang pernah dilakukannya. Dalam buku itu ia mengakui telah membocorkan banyak sekali informasi rahasia milik Inggris, AS dan Sekutunya kepada Uni Sovyet. Philby meninggal di Moscow tanggal 11 Mei 1988.

Achmad Desmon Asiku dalam buku "Ensiklopedi Peradaban Dunia"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.