11 Februari 2019

ANGKA YANG PENUH MISTERI

Sejak masih dalam kandungan kehidupan manusia nyaris tak dapat dipisahkan dengan angka. Namun, benarkah angka tertentu memiliki kekuatan sedemikian besar, sampai-sampai orang menolak tinggal di suatu tempat bernomor 13 karena dianggap akan membawa kesialan? Sebaliknya, adakah angka-angka yang membawa keberuntungan.

Di Indonesia tak banyak perusahaan yang mampu bertahan hingga usia lebih dari 80. Di antara sedikit induk perusahaan yang bisa membuktikan dirinya mampu bertahan dalam kancah persaingan bisnis yang bahkan kian sengit, tampillah PT Hanjaya Mandala Sampoerna (PT HM Sampoerna). Menurut penelitian, kunci sukses Sampoerna tergantung pada produk unggulan, Dji Sam Soe. Tanpa kiat-kiat khusus, rokok ini bisa disebut laris terjual. Tidak saja primadona dalam menembus pasar, Dji Sam Soe juga menjadi sumber pendapatan utama. 

Malah posisinya sebagai sumber pendapatan utama cenderung meningkat. Jika pada sekitar 4 tahun yang lalu sumbangan penjualan Dji Sam Soe baru + 70%, menurut Info Bisnis edisi 3 tahun I 1995, maka 2 tahun berikutnya meningkat menjadi 90%. Selanjutnya, apa pula kekhususan Dji Sam Soe, sehingga rokok yang memiliki kemasan berlogo jajaran angka 234 mampu langgeng dikonsumsi masyarakat? Benarkah angka 234 yang bila dijumlah menghasilkan angka 9 tersebut memberikan berkah?

Dalam Tempo, 6 November 1993, Putera Sampoerna, keturunan lapis ketiga yang membuat kerajaan kretek yang berbasis di Jawa Timur tersebut makin berkibar sebagai industri rokok kretek papan atas di tanah air, mengaku percaya pada tuah angka 9, "Bahkan mobil saya masih memakai angka 234 atau yang mengandung angka 9." Meski tidak tahu persis apakah angka itu punya berkah, yang pasti ia ingin angka itu jangan diubah, sedangkan ia sendiri tidak berkeinginan untuk mengubahnya. Hal yang serupa tapi tak sama dilakukan pula oleh seorang pengusaha muda Dono. 

Pria lajang pemilik beberapa stasiun radio besar di Semarang tersebut memesan deretan angka khusus untuk nomor telepon kantornya. Bila angka-angka tersebut dijumlahkan, yang didapatkan selalu angka 9. "Entah bertuah atau tidak, tapi rasanya kalau jumlah akhirnya besar apalagi 9, rasanya mantep, bakal menang bersaing. Terbukti juga 'kan, semua usaha saya maju pesat," ujarnya yakin sambil menceritakan pula usaha bidang periklanan yang baru ia terjuni pun nampaknya bakal memberikan hasil yang memuaskan. Bila menilik pada jumlah angka dasar yang ada, 0 - 9, maka angka 9 memang memiliki nilai paling tinggi. 

Tak heran bila angka tersebut sering disebut sebagi angka sempurna. Malah khusus masyarakat Jawa, menurut Drs. Subalidinata (61) ahli kejawen dan dosen Fakultas Sastra UGM, akan mengistimewakan angka sembilan tersebut sebagai angka keramat. "Dinilai keramat, karena pada kasus-kasus tertentu dipercaya dapat mendatangkan kebaikan dari berbagai aspek kehidupan," ujarnya sambil menambahkan bahwa konsep sembilan keramat tersebut sudah lama melingkupi hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat Jawa. 

Sebaliknya, penilaian negatif terhadap angka-angka tertentu berlaku di masyarakat. Dengan kadar dari fanatik hingga yang wajar, "Hal ini sangat terasakan, bahkan pada orang tidak terlalu mempercayainya, tetap saja berusaha menghindari angka 13 atau 4," tutur Indra Gunawan sambil menunjukkan contoh berapa banyak hotel atau permukiman yang pantang mencantumkan angka 13 untuk nomor lantai, kamar, atau rumah.

Buku Misteri Angka Dan Perjalanan Nasib Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.