22 Januari 2019

ILMU YANG DIAJARKAN MALAIKAT JIBRIL

Ketika kami duduk dekat Rasulullah saw. pada suatu hari maka sekonyong-konyong nampaklah kepada kami seorang laki-laki yang memakai pakaian sangat putih dan berambut hitam, tak terlihat padanya bekas (tanda-tanda) perjalanan dan tak ada seorangpun diantara kami yang mengenalnya, sehingga ia duduk dihadapan nabi saw. dan meletakkan tangannya di atas pangkuan nabi saw. kemudian berkata: "Hai Muhammad terangkanlah kepadaku tentang islam!" Maka jawab nabi saw: "Islam yaitu hendaklah engkau menyaksikan bahwasanya tiada Tuhan melakinkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad itu pesuruh Allah.  Hendaklah engkau mendirikan Shalat dan mengeluarkan Zakat dan hendaklah engkau berpuasa dalam bulan Ramadhan dan hendaklah engkau mengerjakan Haji ke Baitullah (Mekah) jika engkau sudah kuasa menjalankannya."

Berkatalah orang itu: "Engkau benar." Maka kami heran, ia bertanya dan ia pula membenarkannya. Maka orang itu bertanya lagi: "Terangkanlah kepadaku tentang Iman!" Maka jawab nabi saw.: "Hendaklah engkau beriman kepada Allah, kepada Malaikat-MalaikatNya, kepada kitab-kitabNya, kepada Utusan-UtusanNya, kepada Hari Kiamat, dan beriman pula dengan takdir baik dan buruk." Orang itu berkata lagi: "Terangkanlah padaku tentang Ikhsan!" Maka jawab nabi saw.: "Hendaklah engkau beribadah (mengabdi) kepada Allah, seakan-akan engkau melihat kepadaNya, sekalipun engkau tak dapat melihatNya, maka sesungguhnya Ia melihat engkau."

Tanya orang itu lagi: "Beritahukanlah aku tentang hari kiamat!" Jawab nabi saw. : Orang yang ditanya tentang itu tidak lebih mengetahui dari si penanya." Orang itu selanjutnya bertanya lagi: "Terangkanlah kepadaku tentang tanda-tandanya!" Jawab nabi saw. : "Diantaranya jika seorang hamba (Budak) telah melahirkan tuannya (Majikannya). Dan jika engkau melihat orang yang tadinya miskin papa, berbaju compang-camping, sebagai penggembala kambing, sudah berubah menjadi orang yang mempu hingga berlomba-lomba dalam kemegahan bangunan."

Kemudian pergilah orang itu. Setelah aku diam sejenak, kemudian nabi bersabda: "Wahai Umar, tahukah engkau siapa yang bertanya tadi?" Jawabku: "Allah dan RasulNya lebih mengetahuinya." Nabi bersabda: "Dia it adalah Jibril, dia datang untuk mengajarkan tentang agamamu."

Hadits Riwayat Muslim dalam buku "Membuka Rahasia Alam Malaikat" oleh Ustadz Abdul Ghoni Asykur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.