30 November 2019

SUSUK DAN MACAM-MACAMNYA

Susuk adalah suatu benda yang diisikan ke dalam anggota tubuh manusia dibagian titik-titik tertentu dengan tujuan memperoleh ilmu pengasihan, kewibawaan, kerejekian maupun kesaktian. Susuk sudah dikenal masyarakat Nusantara sejak zaman dahulu. Konon dulu para permaisuri raja menggunakan susuk untuk memikat hati sang raja. Perlu diketahui bahwa pada zaman dahulu belumlah ada make up seperti sekarang ini. Jadi wajar saja apabila masyarakat Nusantara khususnya menggunakan alternatif susuk yang tak lain tak bukan adalah untuk memperoleh kecantikan.

Selain untuk kecantikan, susuk juga digunakan untuk kesaktian. Susuk jenis ini biasanya di loloh (dimakan) bersama dengan makanan tertentu. Susuk ini konon dahulu digunakan sebagai pagar diri dari senjata ketika melawan penjajah. Seseorang yang yang telah diisi susuk ini tidak akan bisa tembus oleh pedang, maupun peluru. 

Hukum memasang susuk adalah masih dalam kontroversi dikalangan ulama' ahli hikmah. Ada yang melarang ada juga yang mengajarinya. Sebagai bukti bahwa penulis pernah mendapati ilmu pasang susuk dari sebuah kitab ilmu hikmah karangan salah seorang ulama' besar pada zamannya. Maka dari itu kita tidak boleh sepihak menghakimi para pemasang susuk dengan mengatakan bahwa memasang susuk itu dosa. Menurut pendapat penulis, orang berdosa memasang susuk apabila digunakan untuk hal-hal yang dilarang agama maupun negara. Apabila susuk itu digunakan untuk kebaikan, maka sah-sah saja.

Di era modern ini, ilmu pasang susuk sudah berkembang sedemikan rupa. Yang dulunya ditanam di tubuh sekarang sudah tidak lagi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak macam-macam susuk dibawah ini:

SUSUK TRADISIONAL

1. Susuk Emas
Susuk ini berbentuk jarum kecil yang terbuat dari emas murni. Susuk ini biasanya ditanam atau dimasukkan langsung di titik-titik tertentu seperti wajah, tangan, kaki, ataupun punggung. Biasanya susuk ini untuk ilmu pengasihan.

2. Susuk Pelor/Gotri
Susuk ini berbentuk pelor bulat atau seperti gotri sepeda yang mana terbuat dari besi. Cara pemasangan susuk ini adalah dengan di loloh atau dimakan dengan sarana makanan tertentu. Biasanya susuk ini untuk ilmu kanuragan.

3. Susuk Berlian
Susuk ini hampir sama dengan susuk Emas dan Pelor. Ada yang ditanam di titik tertentu ada juga yang dimakan. Tujuanya adalah untuk ilmu pengasihan.

4. Susuk Samber Lilin
Susuk ini juga ditanam di area titik tertentu. Yang digunakan adalah bagian dari sayap samber lilin. Dibagian sayap terdapat sebuah benda seperti jarum kecil. Nah... bagian inilah yang ditanam di area tubuh tertentu seperti susuk Emas.

5. Susuk Pusaka
Susuk ini hanya orang-orang khusus yang memiliki tingkat spiritual tinggi yang mampu melakukannya. Caranya dengan men-cuil atau memecah pusaka menjadi bentuk kecil-kecil kemudian ditelan kedalam tubuh.

SUSUK MODERN

1. Susuk Kapsul
Susuk ini berbentuk kapsul yang cukup hanya ditelan saja seperti menelan obat dari dokter pada umumya. Susuk ini terbuat dari bahan herbal dipadu dengan rajah ataupun isian ilmu gaib tertentu sesuai tujuan.

2. Susuk Kristal Energi
Susuk ini dengan cara memanfaatkan kekuatan kristal tertentu. Caranya adalah dengan mengoleskan kristal tersebut ke dalam tubuh seseorang sehingga akan tersalurlah energi dari kristal tersebut.

3. Susuk Air
Susuk ini adalah dengan meminum air khusus yang sudah diisi dengan ilmu gaib. Ada juga yang menggunakan air yang dipadukan dengan ramuan herbal tertentu.

4. Susuk Gaib
Susuk ini yaitu dengan cara ditransfer langsung melalui titik-titik tertentu. Biasanya pentransferan menggunakan ilmu tenaga dalam.

Itulah beberapa pengetahuan tentang susuk di Nusantara ini. Selain diatas juga masih banyak pengetahuan yang lain karena memang khasanah budaya mistik di Nusantara ini sangatlah banyak. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.