19 November 2018

MITOS KESIALAN JODOH AKIBAT DILANGKAHI ADIK

Pertanyaan:

Saya gadis masih lajang, umur 25 tahun.  Selama lima tahun terahir, sudah lima kali pacaran dengan pria, namun selalu kandas di tengah jalan.  Malah dengan lelaki yang terakhir, sudah sempat merancang hari pernikahan.  Tapi akhirnya bukan pernikahan yang jadi kenyataan justru kegagalan kembali.  Pria itu secara sepihak membatalkan pinangannya terhadap diri saya, kemudian menghilang begitu saja tak karuan rimbanya.

Apakah benar kesialan saya dalam menemukan jodoh akibat telah dilangkahi adik perempuan (seibu tapi lain ayah) yang sudah menikah terlebih dahulu? Mohon petunjuk sekaligus pertolongan dari Ibu, agar saya ringan jodoh dan tidak sampai menjadi perawan tua.  Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

Jawab:

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar masyarakt Jawa, khususnya Jawa Tengah, mempercayai bahwa seorang anak perawan akan berat jodohnya kalau dilangkahi adik perempuannya yang menikah lebih dahulu.  Kepercayaan masyarakat itu terus berkembang dari sejak zaman kuno hingga sekarang, karena pada kenyataannya sering begitu meski tidak semuanya atau 100%.

Namun kasus yang berkaitan dengan nasib adik, menurut saya tidak demikian adanya.  Sebab yang melangkahi atau menikah duluan bukan adik seayah, melainkan adik seibu.  Kalau bagi orang Jawa (Jawa Tengah), hubungan semacam itu lazim disebut "Sedulur Asu".  Artinya saudara namun hanya sebatas sama-sama menyusu pada seorang ibu.  Jadi tidak disebut hubungan sedarah.  Justru kalau hubungan itu karena satu ayah tapi lain ibu, merupakan persaudaraan sedarah sejati (satu genetik).  Lantas mengapa adi menjadi berat jodoh?

Tampak dari mata batin saya, hal itu karena potongan rambut adik terlalu pendek, sehingga menonjolkan sifat tomboy, bahkan karakter kelaki-lakian cenderung lebih besar.  Dampaknya penampilan adik kurang menarik dan maaf cenderung membosankan.  Saran saya cobalah panjangkan rambut minimal sebatas bahu atau pundak.  Lalu, untuk sehari-hari pakailah pakaian sejenis longdress.  Jangan seperti sekarang, adik lebih sering memakai celana sehingga tidak mencerminkan feminim selayaknya wanita.

Terakhir cobalah setiap malam Jum'at pukul 24.00 WIB lakukan shalat istikharah dan tahajjud.  Insyaallah jodoh akan segera menghampiri adik.

Oleh: PASEBAN Nyai Mas Ayu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.