8 Oktober 2017

9 LANGKAH MENUJU HIDUP BAHAGIA

Hidup bahagia merupakan dambaan setiap orang. Akan tetapi kebahagiaan terkadang sulit diperoleh bagi mereka yang belum mengerti dan memahami hakekat kebahagiaan itu sendiri. Berikut adalah sebuah usaha dan ikhitiar untuk memperoleh kebahagiaan hidup:



1. JANGAN TAKUT DAN KHAWATIR

Perasaan takut dan khawatir merupakan pikiran kita yang paling tidak produktif. Sebagian besar hal-hal yang kita khawatirkan atau takutkan tidak pernah terjadi. Jadi untuk apa kita khawatir dan takut?


2. JANGAN PERNAH MENYIMPAN DENDAM

Dendam adalah hal terbesar dan akan menjadi beban terberat jika kita menyimpannya di dalam hati. Maukah anda membawanya sepanjang hidup? Saya rasa tidak enak. Jangan sia-siakan energi kita dengan menyimpan dendam. Sudah pasti tidak ada gunanya. Gunakanlah energi kita tersebut untuk hal-hal yang positif.


3. FOKUS PADA SATU MASALAH

Jika kita memiliki beberapa masalah, selesaikanlah masalah kita satu per satu. Jangan terpikirkan untuk menyelesaikan masalah secara sekaligus karena justru akan membuat kita semakin stress.



4. JANGAN MEMBAWA TIDUR MASALAH ANDA

Masalah adalah hal yang sangat buruk untuk kesehatan tidur kita. Pikiran bawah sadar kita adalah hal yang luar biasa yang dapat membuat kita gelisah dan tidur kita menjadi tidak nyenyak.


5. JANGAN MENGAMBIL MASALAH ORANG LAIN UTNUK ANDA SELESAIKAN

Membantu orang lain yang sedang dalam masalah adalah hal yang mulia tetapi jika kita mengambil porsi terbesar untuk menyelesaikan masalah orang lain tersebut justru itulah kesalahan terbesar. Biarkanlah orang tersebut yang menyelesaikan masalahnya sendiri dengan porsi terbesar.


6. JANGAN HIDUP DI MASA LALU

Mungkin terasa nyaman bagi kita mengingat hal-hal yang menyenangkan di masa lalu tetapi jangan anda terlena didalamnya. Konsentrasilah dengan apa yang terjadi saat ini, karena kita pun akan bisa merasakan banyak kebahagiaan di saat ini. Saya yakin kita akan mempunyai perasaan yang jauh lebih berbahagia jika kita merayakan apa yang terjadi saat ini dibanding dengan mengingat-ingat kebahagiaan di masa lalu.


7. JADILAH PENDENGAR YANG BAIK

Mungkin sebagian besar orang termasuk saya susah untuk menjadi pendengar yang baik. Justru sebaliknya kita mengharapkan orang lain yang mendengarkan omongan kita, tetapi sebetulnya dengan belajar mendengarkan orang lain, kita akan mendapatkan banyak hal yang baru yang dapat sangat berguna bagi kebahagiaan hidup kita.


8. JANGAN BIARKAN FRUSTASI MENGATUR DAN BAHKAN MENGACAUKAN HIDUP ANDA

Kasihanilah diri kita lebih dari apapun, maksud saya adalah janganlah kita menyerah pada frustasi. Maju terus dan ambillah tindakan-tindakan positif dan lakukanlah dengan konsisten.


9. BERSYUKURLAH SELALU

Bersyukur dan berterima kasihlahh atas semua yang kita dapatkan, bukan hanya hal yang positif saja tetapi juga hal yang negatif, karena saya percaya dibalik setiap hal yang negatif tersebut ada hal baik yang bisa kita pelajari.
Liberty edisi 2483 halaman 85

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.