23 Juli 2018

TUAH PAMOR TOSAN AJI (KERIS)

Berikut ini adalah beragam corak dasar pamor beserta fungsinya yang berhasil penulis himpun, namun tentu saja ragam jenis pamor yang lain masih sangat banyak mengingat begitu adiluhungnya budaya bangsa kita ini. Masalah keyakinan terhadap tuah adalah merupakan keyakinan masing-masing individu dan merupakan hasil asah, asih dan asuh penulis terhadap nara sumber yang berhasil penulis temui dan literatur pakem yang didapatkan. Biasanya satu pamor bisa dilihat dari berbagai sudut dalam menentukan jenisnya. Contoh, pamor Bendo Segodo adalah termasuk pamor mlumah dan termasuk juga pamor rekan. Berikut ini adalah jenis corak pamor yang berhasil kami himpun:

1. ALIP
Pamor ini adalah termasuk dalam jenis pamor rekan dan pamor titipan. Biasanya pamor ini ditempatkan pada bagian "sor-soran" dari bilah tosan aji. Sepintas seperti jenis pamor Sada Sakler yang terpotong sebagian, tetapi pada dasarnya memang pamor ini sengaja dibuat seperti ini (panjang dari garis tebal tersebut kira-kira 4-6 cm, ujung atas seringkali agak membengkok sedikit) dan kadang juga dominan diantara pamor yang lain. Dari sudut pandang tuah dapat diyakini bahwa dapat membantu memperkuat keyakinan pemegang tosan aji tersebut dan memperteguh tekad yang dimilikinya.

2. BADEALA
Dalam pakem dan keterangan yang penulis temui maka pamor ini termasuk pamor tiban "sengkolo" maksudnya adalah pamor tiban dengan tuah jelek dan diyakini akan mendekatkan pemiliknya dengan musibah atau petaka, sehingga bagi yang memilikinya biasanya dilarung atau diserahkan ke museum.

3. BUNTEL MAYIT
Pamor ini tergolong pamor pemilih, maksudnya bagi siapa yang kuat menerima pancaran yoninya maka akan dimudahkan dalam urusan rejeki, tapi bagi yang tidak maka efek dari pancaran energi pamor ini bisa dibilang kurang baik bagi pemiliknya.  Pamor ini adalah perpaduan antara jenis pamor miring dan mlumah serta merupakan pamor rekan.

4. GUMBOLO GENI
Meskipun bertuah baik tetapi pamor ini termasuk pemilih sehingga tidak semua orang cocok memakainya.  Jenis pamor ini adalah pamor tiban yang tidak dirancang dulu pembuatannya.  Bentuknya menyerupai gambar tubuh kalajengking dan bertuah untuk menghindarkan pemiliknya dari bahaya yang akan mengancam pemiliknya.

5. MANCUNGAN
Mirip dengan jenis pamor Anda Agung dengan posisi terbalik ke bawah.  Termasuk jenis pamor rekan yang cukup sulit pembuatannya.  Pamor ini tergolong pamor yang pemilih dan bertuah untuk mengangkat dan menguatkan wibawa dari pemilinya.

6. MELATI RINONCE
Pamor ini mempunyai beberapa nama lain seperti Melati Rinenteng atau di daerah Madura disebut dengan sebutan Melati Satoor.  Pamor ini serupa dengan bunga melati yang diuntai berupa bulatan-bulatan yang disambung dengan garis-garis pamor.  Termasuk dalam kategori pamor rekan dengan tuah untuk mempermudah jalannya rejeki dan menumpuk harta.

7. UDAN MAS
Pamor Udan Mas ini termasuk pamor favorit yang banyak dicari oleh kalangan umum dan pengusaha.  Disamping bentuknya yang cantik, tuah dari pamor ini diyakini banyak menarik energi positif terutama masalah rejeki, harta benda, hoki atau peruntungan dan sejenisnya.  Pamor Udan Mas kadang dikacaukan dengan pamor Mrutu Sewu, Sisik Sewu, atau Segoro Wedi (bulatan-bulatan pada Udan Mas menyebar dan pasti bersap-sap tiap bulatannya).

Zazuli Achmad. 2004. Pamor Eksotik Tosan Aji. Surakarta: Cv. Aneka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.