9 Oktober 2018

WAKTU YANG BAIK MENCARI RIZKI


Agama mengharuskan setiap muslim yang hidup di dunia ini berusaha mencari rizki yang halal, sebagaimana bunyi salah satu hadits Nabi SAW yang artinya "Menuntut yang halal itu wajib."  Disamping melakukan usaha-usaha lahiriah, alangkah baiknya bila disertai dengan usaha-usaha batiniah agar rizki yang diperoleh mudah jalannya, tidak sampai menguras tenaga dan pikiran serta hasilnya cukup memuaskan.  Adapun waktu-waktu yang baik untuk memulai sesuatu usaha adalah sebagai berikut:

1. Hari Minggu
Rizki besar mulai dari pagi sampai siang (tengah hari), sedangkan mulai dari tengah hari sampai petang rizki mulai menurun (kecil).

2. Hari Senin
Rizki besar mulai tengah hari sampai petang, sedangkan dari pagi sampai siang (tengah hari) rizki kecil.


3. Hari Selasa
Rizki besar mulai dari pagi hari sampai menjelang tengah hari, pada waktu matahari tepat di tengah-tengah merupakan saat rahayu hingga berakhir pada waktu Asar.

4. Hari Rabu
Rizki besar mulai pada waktu matahari tergelincir.  Waktu Asar adalah saat rahayu.  Sedangkan sejak pagi hingga matahari berada hampir di tengah-tengah merupakan saat rizki kecil.

5. Hari Kamis
Rizki besar ketika matahri hampir berada di tengah-tengah.  Waktu pagi merupakan saat rahayu.  Sedangkan pada saat matahari tepat berada di tengah-tengah merupakan saat rizki kecil.  Dan setelah matahari condong ke Barat sampai waktu Asar, kembali rahayu.

6. Hari Jum'at
Mulai pagi hari sampai matahari hampir di tengah rizki kecil, sedangkan sejak matahari condong ke Barat sampai waktu Asar adalah saat rahayu.

7. Hari Sabtu
Rizki besar mulai sejak matahari condong ke Barat, sedangkan mulai pagi hari sampai matahari hampir di tengah rizki kecil.

Itulah pedoman mencari rizki yang di sebutkan dalam kitab Asrar Walisongo.  Jangan lupa menyerahkan segala urusan kepada Allah, sebab hanya Allah lah sebaik-baik yang diserahi urusan.

Wallahu 'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.