March 7, 2018

MANFAAT BAWANG



Bawang merupakan istilah umum bagi sekelompok tumbuhan penting bagi manusia yang termasuk dalam genus Allium. Umbi, daun, atau bunga bawang dimanfaatkan sebagai sayuran atau sebagai rempah-rempah, tergantung bagaimana kita memandangnya.  

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda:
"Dari Aisyah ra. Bahwasanya beliau ditanya orang tentang bawang, maka ia berkata: Sesungguhnya makanan yang terahir di makan Rasulullah saw. dalam makannya adalah bawang (Hr. Abu Dawud)


Bawang dapat menolak keracunan, membangkitkan selera makan, menguatkan pencernaan, obat mabuk, menambah banyak mani, menjernihkan muka, dan menghilangkan riak serta batuk.  Bawang mentah juga dapat mencegah rasa mual dan mabuk dengan cara mencium baunya, demikian juga mencegah rasa mual karena bau obat lain yang akan diminum/dimakan.  Dapat juga air perasannya sebagai obat tetes telinga yang sakit.

Efek samping dari bawang merah adalah membuat  bau mulut tidak sedap, sakit kepala dan rabun mata.  Kebanyakan makan bawang merah dapat mengakibatkan pelupa, kurang baik berfikir dan merubah bau mulut.  Untuk menghindarkan efek samping ini adalah dengan memasak bawang tersebut lebih dahulu sebelum dimakan.

Bawang putih sangat baik untuk memanaskan tubuh, membangkitkan nafsu syahwat, melancarkan air kencing, menghilangkan rasa haus dan membantu pencernaan.  Jika ditumbuk halus dan airnya diperas lalu diminum dapat membersihkan kerongkongan, mengobati keracunan dan lebih menghangatkan badan.  Jika dicampur dengan cuka, garam dan madu lalu ditempelkan pada gigi yang sakit, akan segera sembuh.
Ahmad Sunarto dalam bukunya Pengobatan Tradisional menurut petunjuk Rasulullah.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.