September 16, 2017

MENGENAL ILMU HIKMAH

Ilmu hikmah bagi sementara orang memang agak asing, namun bagi orang-orang yang sudah mengenalnya bukan asing lagi tetapi justru merupakan suatu ilmu tersendiri yang sangat penting dan berguna sekali untuk kelengkapan hidup.  Ilmu Wifiq, Rajah, Azimat dan Asma' merupakan ilmu yang sangat populer di negeri Arab.  Memang ilmu-ilmu ini bersumber dari negeri sana, yang diciptakan oleh para ulama yang ahli dalam ilmu hikmah.  Ilmu ini digarap dari sumber utamanya yaitu Al Qur'an yang kemudian diolah sedemikian rupa setelah disana-sini dirubah, ditambah, dikurangi atau dilengkapi menurut kepentingan masing-masing yang bersangkutan.  Tentu saja pengolahan itu bukan berarti mengubah Al Qur'an, melainkan dia hanya sebagai sumber pengambilan saja yang diambil intisarinya.


Jadi ilmu Wifiq, Rajah, Azimat dan Asma' sebagian besar terdiri dari sandi-sandi yang berupa huruf hijaiyah, angka-angka arab, atau cuma berupa garis-garis saja.  Meskipun begitu ilmu ini mengandung kekuatan ghaib yang tak kalah hebatnya bila dibandingkan dengan ilmu-ilmu yang mengandalkan kekuatan jasmani dan akal.  Sebab cara pembuatannya bukan sekedar ditulis begitu saja, akan tetapi bersamaan dengan itu para ulama yang membuatnya melakukan berbagai tirakat seperti berpuasa, shalat malam, berdzikir, mencegah makanan-makanan tertentu dan lain sebagainya yang kesemuanya itu dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada Allah serta memohon pertolongan kepadaNya.



Setelah berbagai laku itu dikerjakan, lalu diadakan tajribah atau uji coba untuk membuktikan kemujaraban atau kemampuan wifiq, rajah, azimat dan asma' yang dibuat itu.  Bila benar-benar telah berhasil memiliki keampuhan menurut kepentingan yang bersangkutan, maka wifiq, rajah, azimat, asma' itu baru dapat digunakan.  Dan sekarang kita tinggal mewarisinya untuk digunakan dimana perlu.  Sebab manusia dalam menempuh kehidupannya tidak bisa lepas dan terhindar dari bermacam-macam kesulitan yang kadang-kadang kesulitan itu tidak dapat dihadapi atau diselesaikan dengan kekuatan jasmani dan akal.  Disini baru digunakan ilmu-ilmu ghaib seperti ilmu-ilmu yang tersebut diatas.

Ternyata ilmu-ilmu itu telah banyak menolong orang-orang yang baru dalam kesulitan atau mereka yang baru mempunyai hajat besar dan penting.  Kendatipun demikian kita sebagai orang yang percaya akan kekuasaan Allah, maka segala sesuatunya itu harus diserahkan sepenuhnya kepadaNya.  Manusia itu cuma dapat berikhtiar, sedang Allahlah yang menentukannya.  Sehingga betapapun ampuh khasiat yang dikandung oleh wifiq, rajah, azimat dan asma' atau yang sejenisnya semuanya tidak akan berarti apa-apa bila tidak mendapatkan izin dari Allah.

Oleh sebab itu bagi orang-orang yang ingin mengamalkan ilmu-ilmu tersebut diatas harus selalu berjalan dan bertindak di dalam ridha Allah yang disebut Ketakwaan.  Yaitu menjauhi segala larangan dan menjalankan semua perintah Allah.  Semoga kita semua termasuk orang-orang yang bertakwa.

Oleh:
M. Musyaffa' Asmuni
Demak 18 Januari 1984

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.