22 September 2017

KECOCOKAN TUAH KERIS SABUK INTEN


Pertanyaan pembaca:
Salam hormat, Terlebih dahulu perkenalkan saya untuk memperkenalkan diri, nama saya adalah Teguh Purnomo.  Saya adalah seorang kepala kantor disalah satu instansi pemerintah di Kabupaten Batang Jawa Tengah.  Saya ingin menanyakan sesuatu.  Saya memiliki sebilah keris pusaka berdhapur Sabuk Inten warisan keluarga.  
Apakah keris itu cocok dengan saya yang memiliki latar belakang pegawai?  Demikian pertanyaan saya, atas bantuannya saya mengucapkan terima kasih.

Jawaban:
Yth. Saudara Teguh Purnomo, Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan keberkahan, kesehatan dan kebahagiaan kepada anda sekeluarga.  Berdasarkan foto yang anda kirim, memanglah benar keris anda memiliki luk sebelas dengan dapur Sabuk Inten dengan pamor Wos Wutah.  Sedangkan tangguh atau masa pembuatannya saya duga berasal dari tangguh Mataram Senopaten.  Sesuai dengan karakter kerisnya yang dhemes, tinggi ramping dengan besi yang matang namun terkesan basah. 

Sesuai namanya, keris Sabuk Inten memiliki makna harfiah yang kurang lebih memakai ikat pinggang Intan/Permata.  Tentu ini menggambarkan sosok seorang pemimpin atau penguasa nan kaya raya.  Karenanya masyarakat kita percaya bahwa keris Sabuk Inten memiliki tuah kewibawaan, kepemimpinan, dan kekuasaan.  Pendek kata, hal-hal yang berhubungan dengan memimpin orang banyak atau masyarakat sehingga cocok dipegang oleh Bupati, Gubernur atau Presiden.


Dalam konteks perkerisan modern, keris Sabuk Inten tidak hanya cocok dimiliki oleh para penguasa sekelas Bupati, Gubernur, atau Presiden.  Tetapi juga dimiliki oleh pimpinan kantor, perusahaan atau organisasi.  Dengan demikian keris Sabuk Inten juga cocok untuk anda miliki dan rawat karena anda juga merupakan pimpinan instansi pemerintah.  Dengan memiliki keris Sabuk Inten, insyaallah anda akan lebih sukses dalam mengelola instansi yang anda pimpin.  Syaratnya anda harus mempu memahami dan melaksanakan pesan-pesan luhur kepemimpinan seperti yang ada pada bagian-bagian (ricikan) keris Sabuk Inten.  Kembang kacang misalnya, lambang dari pemimpin harus visioner dan memiliki pandangan jauh ke depan.  Luk sebelas dengan bagian ujung (penatas) lancip ke atas memiliki pesan bahwa pemimpin harus tegas dalam berprinsip dan mengambil keputusan tetapi lunak dalam bergaul dan mengkomunikasikan pemikirannya.

Blumbangan melambangkan seorang pemimpin harus memiliki jiwa memaafkan serta sogokan rangkap yang berarti seorang pemimpin harus berfikir dalam matang-matang sebelum mengambil keputusan.  Demikian beberapa pesan kepemimpinan dalam keris Sabuk Inten yang bisa saya sampaikan.  Semoga ada guna dan manfaatnya.  Terima kasih.
Oleh: Arief Syaifuddin Huda
Budayawan, Spiritualis dan Penggiat Keris Nusantara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.