26 September 2017

CARA MENGHINDARI MIMPI BURUK

Pertanyaan:
Perkenalkan nama saya Ayu Setianingsih dari Bandung. Beberapa bulan belakangan ini saya sering sekali mangalami mimpi buruk. Jujur saya beberapa kali merasa terganggu dengan mimpi tersebut. Saya takut hal tersebut benar-benar terjadi menimpa saya. Adakah hal ini berhubungan dengan kondisi kejiwaan saya, dan jika ada caranya bagaimana menguranginya?
Atas penjelasan dan solusi yang diberikan saya haturkan banyak terima kasih.


Jawaban:
Mimpi tidak hanya bunga tidur, tetapi mimpi bisa merupakan refleksi dari masalah yang dialami fisik dan mental seseorang, bisa memberi petunjuk pada seseorang apa yang harus dilakukan, merupakan ramalan apa yang akan terjadi baik mengenai dirinya maupun yang ada disekitarnya, merupakan hasil komunikasi personal spirit dengan spirit orang lain, dan buat yang percaya dengan kebesaran Tuhan merupakan hasil berguru dengan Beliau.

Jika seseorang sering mangalami mimpi buruk, erat hubungannya dengan masalah mentalnya. Dari masalah yang dihadapi dalam mimpinya menunjukkan apakah ia sudah mengalami gangguan jiwa seperti gangguan cemas, depresi atau yang lebih berat psikotik. Bisa merupakan petunjuk apa yang sedang dihadapi dan apakah ia mampu memahami dan mencarikan solusinya.

Sebaiknya mimpi yang dialami dicatat secara detail sehinga bisa ditelaah dengan seksama apa yang sedang dihadapi dan cara untuk menyelesaikan masalah itu. Kalau ini sudah dipahami maka mimpi buruk akan hilang dengan sendirinya. Cara untuk menghindari mimpi buruk adalah dengan mempersiapkan diri secara fisik dan mental dalam keadaan nyaman.

-Jangan tidur setelah makan, lebih-lebih perut penuh dan banyak daging. Usahakan tidur 2-3 jam setelah makan malam dan makanan malam lebih banyak sayuran, buah-buahan dan sedikit daging.

-Sebaiknya mandi sebelum tidur kalau badan berkeringan hingga badan menjadi lebih segar.

-Jangan minum air dan lakukan buang air kecil sebelum tidur sehingga bisa tidur nyenyak tanpa terganggu oleh kencing.

-Tidurlah dengan pakaian longgar.

-Kamar tidur jangan penuh dengan barang yang berdebu.

-Ventilasi di dalam kamar cukup baik.

-Usahakan aroma kamar tidur yang menenangkan.

-Lakukan meditasi dan relaksasi sebelum tidur.

Mimpi bisa merupakan hasil dari apa yang dialami tadi pagi dan hari-hari yang dilewati yang masih merupakan masalah bagi diri seseorang. Bisa merupakan memori masa lampau yang tersimpan rapi kemudian keluar karena tidak mampu diredam, atau juga bisa merupakan analisa dari hal-hal yang baru dialami.

Oleh: Dra. Hj. Asih Marlyna, MBA
Pimpinan Padepokan Metafisika Djeng Asih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.