March 13, 2017

USAHA SELALU GAGAL


Konsultasi Supranatural
Pertanyaan:
Assalamualaikum wr. wb. Gus..saya seorang suami dengan anak-anak yang mulai besar. Setelah tidak bekerja dalam perusahaan, saya kini menjalani pekerjaan sebagai wiraswasta. Saya pernah membuka usaha warung makanan, saya juga pernah membuka usaha dibidang pertanian, dan juga pengepul barang-barang bekas. Tetapi dari semua itu selalu mengalami kegagalan. Sekarang saya hanya menjadi sopir angkutan milik orang, sementara istri berdagang kecil-kecilan.


Sedikit demi sedikit kami sudah mulai menabung, nanti saya dan istri berencana bikin usaha lagi. Hidup keluarga kami yang sulit ada pula yang mengatakan karena saya dan istri menurut hitungan weton ada ketidakcocokan. Karena itu saya minta saran agar nantinya usaha yang kami jalankan bisa berjalan dengan baik. Terima kasih atas saran dan nasehatnya.

Jawaban:
Walaikum salam wr. wb. Saudara yang kami sayangi. Perjalanan hidup manusia memang sangatlah beragam dan berbeda-beda jalan keberhasilan setiap orangnya. Ada yang melewati hidup di dunia ini dengan lancar-lancar saja, seolah tanpa rintangan sedikitpun, juga tidak sedikit dari mereka mengalami kegagalan dalam menempuh perjalanan hidup yang penuh dengan tantangan dan rintangan yang sangat melelahkan. Dalam kegagaln kita sering mendapatkan hal-hal yang tidak mengenakkan. Sementara jika berhasil tidak sedikit yang memuji dan mendekati kita. Kegagalan akan terasa semakin bertambah berat jika kita selalu memperdulikan omongan orang yang ada di sekitar kita tanpa kita pilih dan pilah untuk dibuat sebagai bahan renungan. Orang mudah menilai setelah kita gagal, misalnya adanya perhitungan weton ini dan itu yang katanya tidak cocok.

Menurut kami itu semua tidak perlu dihiraukan, sebab saudara dan istri sudah menjadi suami istri. Yang perlu dihadapi adalah yang sudah terjadi dan yang akan terjadi bagaimana baiknya. Kalau boleh kami katakan, saudara kurang kepercayaan diri, sehingga hal tersebut sedikit banyak akan bisa menimbulkan dampak yang kurang baik terhadap kinerja dan aktivitas yang sedang dikerjakan. Mestinya saran dan omongan yang menyangkut kehidupan keluarga itu dijadikan sebagai bahan melihat diri untuk menyadari akan kesalahan supaya bisa lebih baik lagi.

Karena itu kami sarankan adalah sebaiknya memantapkan diri dan pilihan hidup yang telah dipilih, serta tingkatkan kepercayaan bahwa tidak ada upaya dan kekuatan apapun di alam semesta ini yang bisa melawan kehendak Allah. Jadi tancapkan bahwa segala sesuatu yang terjadi dan menimpa pada diri kita saat ini adalah bukan semata-mata karena cocok atau tidak cocok, baik itu mengenai weton pasangan atau dengan pekerjaan kita. Kerjakan beberapa hal sebagai berikut:

Pertama:
Bertobatlah dari segala perbuatan yang menimbulkan dosa yang berdampak pada kesulitan langkah hidup yang sedang kita jalani, tentunya taubat yang sungguh-sungguh dalam arti harus meninggalkan segala bentuk perbuatan yang telah lalu serta tidak ingin untuk kembali pada perbuatan tersebut.

Kedua:
Perbanyak membaca istighfar artinya basahi bibir saudara dengan kalimat-kalimat yang mengandung permohonan ampunan kepada Allah.

Ketiga:
Upayakan minta maaf kepada orang yang pernah kita dzolimi, teman, istri, orang tua, bahkan mertua.

Keempat:
Bacalah “La khaula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adziim” sebanyak 7 kali setiap menghadapi suatu perkara.

Oleh Gus Dimas Cokro Pamungkas
Ketua Pencak Silat Pagar Nusa Paguron Sapu Jagad Jombang

@phna2017

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.