March 22, 2017

PENGERTIAN TENAGA DALAM


APA ITU TENAGA DALAM
Tenaga dalam atau istilah asingnya yaitu “Inner Power” adalah tenaga yang tersimpan di dalam tubuh manusia dan mengendap di bawah sadar.  Tenaga yang tersimpan dibawah sadar ini bila dibangkitkan akan besar sekali, melebihi tenaga biasa yang sehari-hari digunakan manusia untuk melakukan aktifitas sehari-hari.  Tenaga dalam itu bisa digiring dan muncul kepermukaan dengan latihan-latihan tertentu.
Di dalam tubuh manusia memang terdapat dua kekuatan yang saling menunjang satu dengan lainnya, sekalipun daya kekuatannya biasanya tidak sama.  Dua kekuatan yang dimaksud adalah kekuatan tenaga luar dan kekuatan tenaga dalam.

TENAGA LUAR
Yang dimaksud “Kekuatan tenaga luar” adalah tenaga biasa yang dihasilkan dari pembakaran karbohidrat oleh oksigen di dalam tubuh.  “Luar” maksudnya bagian yang jelas nampak wujudnya.  Contohnya bentuk tubuh kita ini adalah “Luar”.  Maka tenaga luar juga disebut tenaga fisik yang mengandalkan kekuatan otot-otot tubuh.  Tenaga luar ini disebabkan oleh adanya energi fisik didalam tubuh.  Energi fisik ini adalah hasil pembakaran karbohidrat oleh oksigen (atau hasil metabolisme tubuh).  Pada prinsipnya setiap orang sejak lahir memiliki tenaga luar yang ditumbuhkan oleh makanan-minuman yang dikonsumsikan setiap hari.  Zat-zat makanan di dalam tubuh (energi fisik) atau tenaga jasmani.  Maka dari itu tenaga fisik masing-masing orang tidak sama.  Ada yang kuat dan ada juga yang lemah.  Faktor gizi yang dimakannya akan menentukan tenaga fisik seseorang.  Apalagi gizi yang dimakannya cukup baik dan rajin berolahraga atau bekerja yang menggerak-gerakkan otot tubuh secara teratur setiap harinya, maka tenaga fisik yang diperolehnya semakin besar.  Contoh seperti tukang pandai besi, tukang becak, kuli pengangkut barang dan petani yang sering mencangkul disawah tenaga fisiknya sangat bagus.  Tubuhnya kuat perkasa, sebaliknya orang yang kerjanya hanya duduk seperti orang kantoran, pedagang dan sebagainya fisiknya akan lemah.

TENAGA DALAM
Sedangkan kekuatan tenaga dalam atau kekuatan dalam merupakan kekuatan abstrak atau kekuatan rohani (kekuatan batin).  Kekuatan dalam ini biasanya muncul dari alam bawah sadar.  Contoh bendanya seperti sebongkah es batu yang dimasukkan dalam air tawar.  Sama-sama dari air, es akan mengapung diatas air tawar.  Nampaknya es batu itu keras dan kuat (ibarat tenaga fisik), tetapi kekuatannya kalah dengan air tawar (ibarat tenaga dalam).  Bongkah es tidak mampu tenggelam karena adanya daya dorong dari dalam air tawar keatas.  Bagian yang dibawah air jauh lebih besar dari bagian yang diatas air.
Begitu juga dengan tenaga dalam, daya kekuatan tenaga dalam memang lebih besar dari pada kekuatan tenaga luar karena tenaga dalam ini berada dibagian yang lebih dalam dari kekuatan luar (fisik), maka banyak juga orang menyebut tenaga dalam dengan tenaga cadangan atau tenaga inti atau tenaga dasar.  Sayang tidak semua orang menyadari bahwa sebenarnya dirinya memiliki tenaga cadangan tersebut.  Bukti tenaga dalam berada di bawah sadar adalah seperti contoh cerita dibawah ini:

Artikel terkait: MENJEBAT TUYUL BAJANG

Cerita 1
Ada seorang perjakan yang sebenarnya penakut tidak berani memanjat pohon kelapa, sekalipun pohon itu agak rendah.  Suatu hari cewek cantik pacarnya datang ke desanya dan cewek tersebut kepengen minum air kelapa muda.  Karena terpaksa, perjaka tadi nekat memanjat pohon kelapa di kebun yang pohonnya sangat tinggi.  Sekalipun keringat membasahi tubuhnya, akhirnya perjaka tadi berhasil memetik buah kelapa muda yang dikehendaki sang pacar.  Nah.. keberanian yang tak diduga-duga itu timbul tanpa sengaja dari alam bawah sadarnya, karena terpaksa.

Cerita 2
Ada anak kecil yang sebenarnya tergolong penakut, karena terpaksa mencuri buah jeruk keprok milik tetangganya, baru memetik buah jeruk ia diburu anjing penjaga kebun.  Tentu saja anak itu sangat ketakutan, apalagi anjing yang mengganggu itu besar dan nampak galak.  Ia berlari cepat sekali keluar kebun yang berpagar tinggi.  Tanpa mempedulikan keselamatannya lantaran takut digigit anjing, anak itu melompati pagar yang cukup tinggi dan berhasil.  Ia lolos dari gigitan anjing yang sangat ditakuti.  Padahal tinggi pagar yang dilompati itu sekitar 2 meter, sedang tinggi badan itu cuma 150 cm.  Itulah keberhasilan tenaga cadangan yang keluar dari bawah sadarnya karena begitu takut dan terpaksa.

Begitu memang adanya, tenaga dalam yang tersimpan rapi dibawah sadar didalam tubuh manusa, bisa tiba-tiba muncul apabila si pemilik sedang berada ketakutan yang amat sangat.  Seseorang yang lembah lembut bisa dengan tiba-tiba garang, garas dan tenaganya menjadi kuat apabila jiwanya sedang terancam atau karena terpaksa sekali.  Sebenarnya tenaga dalam tidak hanya muncul apabila si pemilik sedang dalam situasi terancam bahaya saja.  Memunculkan dan menggunakan tenaga dalam bisa dipelajari dan dilatih oleh setiap orang dengan bimbingan dan arahan yang benar.  Pernafasan menjadi dasar utama dari hampir semua perguruan tenaga dalam, baik tenaga dalam murni maupun tenaga dalam karomah.  Calon-calon anggota berlatih jurus-jurus untuk mengaktifkan titik-titik listrik batin di dalam tubuhnya.  Latihan atau olah pernafasan yang kemudian akan mempengaruhi perubahan asam basa dalam tubuh akan menaikkan aktivitas listrik batin yang ada di dalam tubuh itu.  Listrik batin itu sebenarnya energi batin.
Sudah barang tentu kekuatan tenaga dalam yang tersimpan di dalam tubuh itu terbatas.  Maka pemakai tenaga dalam dituntut untuk rajin menghimpun energi batin di dalam tubuhnya dengan latihan-latihan tertentu.  Bila malas berlatih, maka kekuatan tenaga dalam yang dimilikinya akan surut.  Energi batin ini dihasilkan dari prana yang bersatu dengan oksigen di udara bebas.  Energi batin inilah yang menimbulkan tenaga dalam (yang semula tersembunyi di bawah sadar).  Jadi ada energi listrik (lahiriah) dan ada energi batin (Metafisik). Kalau energi fisik ditubuh manusia merupakan hasil olahan oksigen, sedang energi batin didalam tubuh manusia merupakan hasil olahan prana di bawah sadar seseorang.  Energi fisik ini di alam gaib tidak nampak, sedang energi batin akan nampak seperti cahaya.  
Oksigen dan prana sama-sama tersebar di atmosfir bumi.  Hanya saja prana lebih halus dari oksigen, karena prana ini sifatnya gaib, sedang oksigen sifatnya nyata di alam fisik.  Sedang latihan tenaga dalam dengan pernafasan itu sebenarnya bukan oksigen yang dibutuhkan tetapi prana lah yang menjadi sasarannya.  Maka cara memperoleh tenaga dalam diperlukan sugesti, konsentrasi, pernafasan khusus dan jurus-jurus tertentu untuk menghimpun energi batin atau istilah cinanya adalah Chi yang diendapkan di Tan Tien.  Getaran pancaran energi batin inilah sebenarnya disebut dengan tenaga dalam atau bio listrik atau listrik batin atau juga disebut pancaran gelombang elektromagnetik tubuh.
Margono Gatot dan Surya Alam. 
Tanpa Tahun. “Tenaga Dalam Karomah Asmaul Husna”. Surabaya: Pustaka Ilmu
@phna2017

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.