February 14, 2016

MISTERI HANTU POCONG

Sosok hantu berkain putih ini begitu familiar bagi kita, kemunculannya selalu dikaitkan dengan roh yang bangkit dari kubur.  Siapakah pocong dan dari manakah dia berasal? Kita akan membahasnya disini untuk sedikit mengobati penasaran anda.



Istilah pocong sendiri, mungkin timbul dari ajaran agama islam, karena pada ajaran agam ini setiap orang yang meninggal selalu dikafani terlebih dahulu baru dikubur.  Berbeda dengan agama lainnya.  Jika hindu dan Budha mempunyai aturan yang mengharuskan mayat dibakar dulu, kemudian abunya dihanyutkan ke aliran air.  Begitu juga dengan agama Nasrani mayat tak perlu dikafani.  Cukup dimasukkan ke dalam peti mati, baru kemudian dikubur.  Negar kita sendiri adalah negara yang penduduk islamnya terbanyak di dunia, mungkin itulah yang mendasari kenapa pocong berkostum seperti orang mati. 
Menurut cerita yang beredar, pocong merupakan hasil dari perubahan wujud jin.  Jin adalah semacam zat atau energi yang dengan kekuatannya dapat berubah wujud menjadi apa saja seperti manusia.  Jin juga mempunyai tingkatan-tingkatan.  Konon pocong adalah perwujudan jin berpangkat rendah.  Makhluk ghaib seperti jin dan roh halus sebenarnya adalah sama.  Mereka diciptakan dari api, sama seperti kita tujuannya tak lain hanya untuk beribadah kepadaNya.  Tapi karena kelicikannya, mereka mendapat hukuman, maka mereka menghantui siapa saja agar membangkang dari kehendak Allah.  Untuk dapat merubah wujud, jin harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu.  Syaratnya antara lain sebagai berikut:
1.      Jin harus mempunyai kekuatan.
Kekuatan itu ia dapatkan dari umur dan garis keturunan.  Jin dengan kekuatan rendah hanya dapat merubah wujudnya menjadi hal-hal yang sifatnya kabur.  Seperti bayangan, cahaya, atau berupa asap.  Sedangkan jin dengan kekuatan tinggi seperti jin Ifrit dari Timur Tengah dapat berubah menjadi sosok apapun.  Tak hanya itu saja, ia juga dapat menjalin kontak langsung atau bersentuhan dengan manusia.  Jin inilah yang paling ditakuti oleh sebagaian paranormal, masalahnya jika sudah merasuki tubuh orang, akan sulit untuk melepaskannya.
2.      Si korban penampakan harus menciptakan obyek atau bentuk.
Bagi orang yang sedang ketakutan pasti akan terlintas di pikirannya hal-hal yang menakutkan.  Jin dapat melihat aura tubuh manusia.  Maka ia juga dapat merasakan apa yang dirasakan oleh si calon korbannya.  Jika si korban ketakutan dan sedikit saja memikirkan sosok kuntilanak, maka seketika itu pula si jin dapat merubah wujudnya menjadi kuntilanak.  Lain halnya jika si korban tenang dan tidak takut, maka jin akan cenderung lebih susah menampakkan wujudnya.  Yang mereka bisa lakukan hanya memunculkan suara-suara atau menggerak-gerakkan benda yang ada di sekitarnya.
3.      Keadaan tempatnya mengandung energi negatif
Umumnya tempat-tempat terjadinya penampakan adalah tempat yang gelap dan lembab.  Karena ia memang menyukai tempat-tempat yang sepi seperti kuburan, petilasan, goa, hutan, gudang, kamar mandi, bahkan pasar yang tak terawat juga dapat dijadikan tempat bermukimnya jin.

Tempat nongkrong jin membuat tempat itu mempunyai energi negatif atau lebih dikenal dengan hawa misti.  Di tempat-tempat seperti inilah jin akan dengan mudah menampakkan dirinya.  Penasaran coba saja buktikan sendiri.
Menurut seorang ahli metafisika, perubahan wujud jin ini mengalami sebuah proses terlebih dahulu.  Bentuk pertama jin adalah sebuah bola yang sering disebut Orbs.  Orbs ini nantinya akan berubah menjadi sebuah bentuk lonjong, kemudian akan berubah menjadi bentuk-bentuk sosok sempurna.
Orbz ini dapat kita lihat melalui sebuah kamera.  Sekilas gambarannya terlihat seperti biasan cahaya.  Namun jika diperhatikan lebih seksama maka akan tampak perbedaaanya, yang paling menonjol adalah warnanya.  Orbs mempunyai warna sendiri sesuai dengan karakteristiknya sendiri.  Di tempat-tempat keramat atau yang sering dijadikan semedi dan ziarah, orbsnya berwarna hijau.  Orbs ini akan berubah wujud menjadi sosok yang sifatnya religius.
Sekarang kita kembali ke pocong.  Pocong juga merupakan hasil dari perwujudan jin.  Pocong merupakan suatu bentuk metamorfosa mudah bagi bangsa jin.  Bentuk pocong biasanya dilakukan oleh benger.  Benger adalah sebutan bagi anak-anak jin, bentuknya menyerupai balita tapi ada tanduk dan ekornya.
Pocong dijadikan sebagai media pembelajaran bagi mereka, sekaligus aktifitas bermainnya.  Seperti anak manusia, mereka juga belajar dan bermain, karena pocong adalah bentuk yang paling di hafal oleh semua orang, maka yang paling gampang ya bentuk pocong.  Pocong jadi andalan mereka untuk menakut-nakuti manusia.  Selain karena mudah, pocong juga terkenal.  Lihat saja berapa banyak dibuat film-film layar lebar yang aktor utamanya adalah pocong.  Hal ini semakin membuktikan bahwa tampang keren saja tak cukup jadi artis, buktinya pocong yang serem malah menjadi tontonan.
Pernahkah anda lihat orang yang disakiti oleh pocong? Bagaimana bisa? Lho wong tangan dan kakinya diikat.  Memang konon hanya jin berkekuatan tinggi yang mampu kontak langsung atau bersentuhan dengan manusia.  Sedangkan pocong tidak, ia hanya memiliki kekuatan yang rendah, maka tak bisa mencekik ataupun menendang korbannya.  Lalu bagaimana dengan sejumlah cerita yang menyebut kalau pocong dapat menyemburkan racun? Hal itu belum bisa dibuktikan sepenuhnya, pasalnya pocong tak mempunyai kekuatan apa-apa.
Menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat, dalam menjelaskan aksinya, pocong suka menyembur.  Bahkan sementara orang meyakini, karena racun yang terkandung dalam semburannya.  Maka jika terkena akan rusaklah kulit dan daging kita.  Salah satu tips yang juga dipercaya agar tak terkena semburan beracun itu, maka larilah dengan cara zigzag. 



Dengan cara seperti ini, ia akan kebingungan untuk mengincar sasarannya dan tidak akan mampu dikejar olehnya.  Akan tetapi, sementara orang yang mengerti akan tersenyum jika mendengar cerita ini.  Mengapa demikian? karena sebetulnya pocong dalam mengejar korbannya tidaklah berlari atau meloncat-loncat, melainkan terbang dan melayang.  Tetapi semua ini tergantung dari kepercayaan masing-masing.  Dengan dasar diatas, maka tak heran jika sampai saat ini sementara orang yakin bahwa pocong dalam menteror korbannya, hanya bisa menakut-nakuti saja.  Cerita lain mengenai pocong juga dikaitkan dengan mati suri, yaitu bangkitnya orang yang sudah meninggal dunia.  Bagaimana bisa orang yang sudah mati hidup kembali?  Tapi itulah yang terjadi beberapa kasus pernah di temui menyangkut peristiwa ini.
Di daerah bogor pernah ditemukan seorang wanita (kita sebut saja dengan nama Bunga) yang dapat hidup kembali setelah dikubur selama satu hari.  Awalnya, pada saat proses kematiaanya, tidak ada sesuatu keanehan apapun.  Wanita ini, diyakini menderita sakit berkepanjangan yang akhirnya menyebabkan kematiannya.  Malam harinya ibunda Bunga bermimpi bahwa anaknya itu masih hidup dan ingin sekali bertemu dengannya.  Saat terbangun, si ibu meyakini benar bahwa ini adalah pesan dari anaknya yang tak boleh ia abaikan.  Kegemparan terjadi mendengan keinginan yang tak lazim dari si ibu yang meninggal itu.  Bagaimana bisa, mayat yang sudah dikubur ingin digali lagi dan tanpa seizin pihak yang berwajib.  Akhirnya melalui perdebatan yang sengit, wargapun mengalah dan membantu menggali kembali liang lahat yang telah ditutup dan diisi oleh si mayat, demi menghilangkan rasa penasaran si ibu.

Add caption

Add caption
Setelah makam digali, dengan ditonton oleh warga, jasadpun diangkat sesuai permintaan.  Di sinilah terjadi kehebohan, karena ada keanehan yang terjadi pada mayat Bunga.  Selayaknya orang yang sudah mati dan dikubur, badannya akan dingin dan dengan wajah yang memucat.  Tapi kali ini tidak.  Kondisi mayat itu cukup hangat, bahkan terlihat ada air mat menetes di pipi bunga.  Sungguh kejadian tak lazim itu membuat warga menjadi bingung sekaligus panik.  Meski begitu, olah orang-orang yang mempunyai keberanian, mayat itu digoyang-goyang, bahkan diberi air minum dengan air hangat. 
Mereka berharap jasad Bunga dapat hidup kembali seperti sedia kala.  Namun beberapa menit kemudian tubuh Bunga kembali menjadi.  Air mata yang sempat menetes, bahkan hilang dan tak keluar lagi.  Berita ini sempat memenuhi pemberitaan di sejumlah stasiun televisi, apalagi ada warga yang sempat mengabadikan kejadian ini dengan kameranya.
Menilik kasus di atas, timbullah pertanyaan apakah benar ada mayat yang bisa hidup kembali seperti cerita zombi? Mungkinkah pocong adalah orang yang sudah mati dan hidup kembali? atau benarkah bahwa ia adalah jin yang bermetamorfosa hanya untuk menakuti orang?  Semuanya tergantung bagaimana anda menyikapinya, karena tak ada yang tak mungkin bagiNya.



Tambahan Penulis:
Setelah kita membaca artikel diatas, maka kita menjadi lebih tahu sedikit perihal misteri hantu pocong.  Akhirnya penulis sampaikan semoga sedikit ulasan diatas bermanfaat bagi pembaca sekalian.  Sebenarnya ulasan tentang jin itu sangatlah banyak sekali.  Tidak cukup satu atau dua halaman.  Bahkan banyak sekali kitab-kitab khusus yang membahas tentang jin dan seluk beluknya.  Insyaallah penulis akan babarkan di pertemuan yang akan datang.


“SEBUAH MISTERI AKAN TERUS ADA DI SEPANJANG PERJALANAN HIDUP MANUSIA.  JADIKAN MISTERI ITU SEBUAH PESAN KEHIDUPAN UNTUK MENJADI LEBIH MENDEKATKAN DIRI KEPADA SANG PENCIPTA.”

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.