February 15, 2016

LEGENDA SAPU TERBANG


Kendaraan ini banyak dipakai oleh para penyihir untuk bepergian kemanapun tujuan mereka.  Legenda mengenai sapu terbang ini berasal dari Eropa, dimana dahulu kala ada seorang wanita penyihir yang dapat terbang dengan sapu miliknya.  Sapu itu dapat terbang setelah si penyihir memberinya mantera terlebih dahulu.


Penyihir dikaitkan dengan orang jahat, ia dapat mengutuk siapapun menjadi apapun sesuai keinginannya.  Muncul suatu cerita yang menyebutkan jika penyihir menggunakan sapu terbangnya untuk memanggil badai.  Si penyihir akan membawa serta hewan peliharaaanya yang berasal dari setan di sapu terbang itu.  Maka orang-orang dahulu membunyikan lonceng gereja agar si penyihir itu jatuh, kemudian dibawah ia akan dipukuli ramai-ramai.



Cerita yang lebih modern mengatakan bahwa sapu terbang itu sebenarnya adalah pertanda jika si pemilik rumah sudah pergi.  Perumpamaan kuno di Eropa mempunyai cerobong asap sebagai tungku api pada saat musim dingin tiba.  Ada semacam tradisi kuno bagi penduduk Eropa khususnya wanita sengaja mendorong sapu keatas cerobong untuk memberitahukan kepada tetangga disekitarnya jika sudah ke luar dari rumah.  Dari san muncul anggapan jika penyihir mampu terbang dengan sapunya lewat cerobong asap.




Adalagi yang menyebut jika dahulu ada semacam tradisi bagi para petani di Eropa melakukan semacam tarian ada.  Tarian itu dilakukan agar hasil ladang mereka pada tahun ini melimpah, serta diindarkan dari berbagai serangan hama.  Dalam tarian itu para petani melompat-lompat di atas kuda mereka sambil membawa peralatan seperti garpu rumput, tiang atau sapu.  Dari kejauhan dan di balik tingginya tumbuhan ladang, mereka terlihat seperti terbang.

Terlepas dari itu semua, masyarakat Eropa percaya jika penyihir mempunyai sapu yang dapat ia gunakan untuk terbang.  Hal itu diperkuat dengan munculnya berbagai film mengenai penyihir, termasuk Harry Potter yang menggunakan sapu terbang.




Bagi anda yang suka dengan tantangan mungkin sapu terbang bisa anda jadikan kendaraan untuk menghindari kemacetan.  Anda dapat menggunakan milik anda dirumah atau pinjam punya pembantu sebentar.  Untuk menghindari cuaca yang tak pasti, ada baiknya anda membawa payung atau jas hujan.
SEKIAN

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijaksana dan sesuai topik pembahasan.